• Posts
  • Comments
  • Pageviews

Menikmati Air Terjun Sampuren Putih


Kunjungan pada tanggal 11 September 2016.

Rinci

Air Terjun Sampuren Putih terletak di Desa Cinta Rakyat, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan informasi yang beredar, Air Terjun Sampuren Putih memiliki ketinggian 3 meter dan ada 7 tingkatan dimana hanya 1 tingkatan saja yang terlihat, lalu 6 tingkatan lagi ditutupi oleh berbatuan. Air yang keluar dari mulut Goa berdiameter sekitar 10 meter serta keseluruhan tinggi air terjunnya 150 meter. Air terjun ini bisa dinamakan sampuren putih karena air terjunnya jatuh membantuk buih berwarna putih.

Air Terjun ini berada di tengah hutan serta memiliki pemandangan yang eksotis/memiliki daya tarik tersendiri bagi orang yang mengunjungi tempat ini. Untuk sampai ke lokasi Air Terjunnya pengunjung harus jalan kaki selama 300 M dan melewati perpohonan yang lebat, disampingnya jurang sebagai Aliran Air Sungai yang mengalir. Suara dari aliran air sungainya membuat pengujung penasaran ingin melihat secara langsung Air Terjun yang jatuh ke dasar muara. Sesampai di sana Pengunjung dapat mandi atau berenang di pinggir sungainya tetapi pengunjung harus tetap hati-hati karena di tengah air terjunnya cukup dalam dan air yang mengalir cukup deras.

Sarana dan Prasaranan

Tempat Pakir
Warung Makan

Harga Masuk

Pakir: Rp. 3.000

Aksesbilitas

Berjarak ± 11 km dari kota medan ke desa cinta rakyat atau dapat ditempuh selama 2 jam melalui jalan bandar baru atau patumbak atau 45 menit dari kecamatan sibolangit. Untuk mencapai lokasi air terjun ini dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum seperti:mobil/sepeda motor. Bagi yang menggunakan kendaraan umum naik angkutan dari Simpang Bukum, Bandar Baru ke jurusan Desa Suka Maju dengan waktu kurang lebih setengah jam. Setelah tiba di Desa Cinta Rakyat akan ditemui plang tanda masuk di pinggir jalan ke lokasi obyek air terjun berada.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki melalui jalan setapak di bibir jurang di tepi Sungai Lau Seruway menelusuri hutan dan perkebunan kurang lebih 300 m hingga tiba di pintu masuk. Disana ada 1 kondisi jalan, yaitu: lumayan baik.

Perjalanan

| Rute Jalan:
Rute Pertama Rute Kedua Rute Ketiga
Medan Medan Medan
Jamin Ginting Besar Deli Tua Pertahanan
Bandar Baru Deli Tua - Sibiru-biru Talun Kenas - Patumbak
Bukum Sinembah Tanjung Muda Hilir Tanjung Morawa
Pemandian Dua Rasa Cinta Rakyat Cinta Rakyat
Pemandian Dua Rasa Pemandian Dua Rasa

Album Foto

Video

Lokasi

No comments: